blog Upacara Peringatan Hari Lahirnya Pancasila tahun 2018
Upacara Peringatan Hari Lahirnya Pancasila tahun 2018

Jumat, 01 Juni 2018 Pengadilan Negeri Lubuk Sikaping menyelenggarakan Upacara memperingati Hari Lahirnya Pancasila, upacara dimulai pada pukul 08.00 WITA yang bertempat di halaman depan gedung Pengadilan Negeri Lubuk Sikaping




Upacara diawali dengan pengibaran Bendera Merah Putih dan diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya, diikuti pembacaan teks Pancasila, dan Pembukaan UUD NRI 1945.

Kemudian Upacara Memperingati Hari Lahir Pancasila dilanjutkan dengan Pembacan Amanat Presiden Republik Indonesia oleh pembina upacara, Bapak Wiyanto, S.H., M.H., yang mana dalam amanat menuturkan “Sungguh Pancasila adalah berkah yang indah yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa kepada kita, melalui perenungan, pergulatan pemikiran dan kejernihan batin para founding fathers Indonesia. Pancasila pertama kali diuraikan secara jelas oleh Bung Karno pada tanggal 1 Juni 1945, kemudian dituangkan dalam Piagam Jakarta pada tanggal 22 Juni 1945 dan dirumuskan secara final pada tanggal 18 Agustus 1945.



Para pendiri bangsa dari berbagai kelompok, golongan dan latar belakang duduk bersama untuk menetapkan Pancasila sebagai pemersatu segala perbedaan. Pancasila berperan sebagai falsafah dan dasar Negara yang kokoh, yang menjadi fondasi dibangunnya Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Rangkaian proses besar tersebut harus selalu kita ingat, kita dalami semangatnya dan kita pahami rohnya. Adalah tugas dan tanggung jawab kita untuk memastikan bahwa Pancasila selalu hadir dalam setiap sudut kehidupan serta hati dan pikiran kita. Pada peringatan Hari Lahir Pancasila di tahun 2018 ini, kita harus meneguhkan semangat kita untuk bersatu, berbagi dan berprestasi.”

Upacara pun ditutup dengan doa.